10 Gitaris Terbaik dan Paling Berpengaruh di Indonesia Versi Palasska

0
6142

PALASSKA – Musisi – musisi di Indonesia patut diberi penghargaan. Diantaranya adalah pemain gitar atau yang sering kita sebut gitaris. Berikut ini ada 10 gitaris terbaik papan atas Indonesia versi Mahdaen.TV News.

  1. DEWA BUDJANA
    1. dewa bujana
    Merupakan gitaris dari salah satu band ternama Indonesia, GIGI. Ketertarikan pemilik nama asli I Dewa Gede Budjana pada instrumen gitar sudah terlihat semenjak ia duduk di bangku sekolah dasar. Bahkan untuk membeli gitar pertamanya, ia nekat mengambil uang neneknya dengan tanpa sepengetahuannya sebesar Rp10.000. Sejak saat itu, Budjana seperti tak bisa dipisahkan dengan gitarnya. Ia mempelajari secara otodidak cara-cara memainkan alat musik ini. Terkait kehidupan pribadi, Budjana melepas masa lajangnya di usianya yang ke-40 pada 29 Agustus 2003 dengan menikahi Putu Borrawati.Sebelum bergabung dengan Gigi di tahun 1994, ia sempat bergabung dengan Squirrell, Spirit, serta Java Jazz. Selain berkarya bersama Gigi, Budjana juga memiliki proyek solo album. Debut solo perdananya pada 1997 dengan titel NUSA DAMAI. Solo album ini diikuti dengan beberapa album solo berikutnya, NYANYIAN DHARMA (1998), GITARKU (2000), SAMSARA (2003) HOME (2005), DAWAI IN PARADISE (2011), JOGED KAHYANGAN (2013), CHRISTMAS COLLECTION (2013), SURYA NAMARSKAR (2014), HASTA KARMA (2015), ZENTUARY (2016)
    _
  2. IAN ANTONO
    2. Ian Antono
    Memiliki nama asli Jusuf Antono Djojo (lahir di Malang, Jawa Timur, 29 Oktober 1950) adalah seorang musikus dan pencipta lagu berkebangsaan Indonesia yang juga dikenal sebagai gitaris kelompok musik rock legendaris God Bless.Di luar kelompoknya, Ian juga menggarap komposisi dan memasukkan permainan gitarnya untuk beberap artis di antaranya; Nicky Astria, Ikang Fawzi, Anggun C. Sasmi, Ebiet G Ade, dll. Suara latar merdu Ian dapat dikenali dalam lagu-lagu God Bless dan para penyanyi yang ditanganinya. Oleh karena kebesaran nama, kontribusi, dan ketokohannya, beberapa grup band antara lain EdanE, Sheila On 7, Padi, Gigi, Cokelat, Boomerang, dan /rif pernah mempersembahkan sebuah album berjudul A Tribue to Ian Antono.
    _
  3. TOHPATI
    3. Tohpati
    Tohpati Ario Hutomo (lahir di Jakarta, 25 Juli 1971; umur 45 tahun) atau yang lebih dikenal dengan panggilan Tohpati adalah seorang gitaris dan penulis lagu Indonesia. Tohpati merupakan salah satu gitaris jazz yang terkenal. Hal tersebut dikarenakan seringnya ia tampil di TV bersama penyanyi-penyanyi pop seperti Krisdayanti, Glenn Fredly, Rossa, Chrisye, dan lain-lain. Banyak karya-karyanya memadukan elemen kebudayaan tradisional sejalan dengan usahanya untuk memadukan unsur modern dan unsur tradisional Indonesia dalam musik-musiknya. Aliran musik jazz-nya dipengaruhi oleh banyak gitaris jazz dunia, tapi yang paling besar dalah pengaruh dari gaya permainan Pat Metheny.Sejak masih remaja ia sudah sering tampil di panggung-panggung Jakarta. Bahkan ia pernah menyabet gelar Gitaris Terbaik pada Festival Band se-DKI pada tahun 1985 saat usianya baru 14 tahun. Kemudian tahun 1989 juga terpilih menjadi Gitaris Terbaik festival Band se-Jawa. Pada tahun itu juga ia menyabet gelar Gitaris Terbaik pada Yamaha Band Explosion tingkat Nasional.

    Bersama Dewa Budjana, dia juga mendirikan Trisum yang awalnya terbentuk pada tahun 2004 di mana Tohpati, Budjana, dan Balawan tampil sepanggung dalam sebuah acara peluncuran produk. Setahun kemudian mereka bertiga tampil di pagelaran Java Jazz Festival dan ternyata mendapat sambutan yang sangat baik dari penonton. Mereka kembali tampil sepanggung dalam konser bertajuk Dialog Tiga Gitar di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki (TIM) pada akhir tahun 2005. Di konser inilah kiprah tiga gitaris handal ini semakin dikenal luas oleh publik, di mana selanjutnya mereka pun roadshow ke berbagai kota di Indonesia.
    _

  4. EET SJAHRANIE
    4. Eet Sjahranie
    Eet Sjahranie (lahir di Bandung, Jawa Barat, 3 Februari 1962; umur 54 tahun) yang bernama asli Zahedi Riza Sjahranie, adalah musikus (gitaris) Indonesia. Saat ini Eet tergabung dalam grup rock EdanE. Sebelumnya dia sempat memperkuat beberapa grup band antara lain God Bless (menggantikan Ian Antono), Superdigi, dan Cynomadeus. Permainan gitar Eet lebih dipengaruhi oleh gitaris Van Halen.Bersama EdanE, Eet mencurahkan kemampuannya dalam bermain gitar. Impiannya menjadikan grup rock, yang secara musikal sama kualitasnya dengan grup-grup rock dari luar negeri berusaha ia wujudkan.
    _
  5. BALAWAN
    5. Balawan
    I Wayan Balawan (lahir di Gianyar, Bali, 9 September 1973; umur 43 tahun) adalah pemusik Jazz Indonesia. Balawan adalah seorang gitaris Jazz yang namanya mencuat dan semakin difavoritkan di Indonesia dengan teknik bermain gitar Touch Tapping Style. Balawan membentuk Batuan Ethnic Fusion yang mengusung eksplorasi musik tradisional Bali.Tahun 1993 Balawan dikuliahkan oleh ayahnya ke Australian Institute of Music di Sydney untuk memperdalam permainan gitarnya. Di sinilah ketertarikan Balawan terhadap musik jazz mulai tumbuh. Dengan wawasannya musiknya yang makin berkembang justru menumbuhkan sebuah angan-angan baru bagi Balawan, ia berkeinginan mengangkat musik tradisional Bali, khususnya gamelan Bali sebagai bagian dari karakter permainan gitarnya.

    Tahun 2007 Balawan diajak oleh Tohpati dan Dewa Budjana menjadi bagian dalam proyek mereka yang bernama Trisum yang menggabungkan 3 talenta gitaris Indonesia.
    _

  6. GUGUN6. Gugun
    Muhammad Gunawan, atau biasa disapa Gugun adalah salah satu gitaris kebanggan industri musik Tanah Air. Bersama bandnya, Gugun Blues Shelter, sepak terjangnya tak hanya menyebar ke seantero Indonesia dan Asia tetapi juga hingga ke tanah Inggris dan Amerika Serikat. Terutama, saat dua albumnya, “Far East Blues Experience” dan “Solid Ground”, dirilis oleh label rekaman berbasis New York, Grooveyards Records pada 2011 lalu.Sebelum memainkan musik blues, masa kecil Gugun lebih banyak dihabiskan dengan mendengarkan musik-musik vintage seperti The Beatles dan The Rolling Stones. Saat duduk di bangku SMP selera musiknya makin berkembang dimana ia kemudian banyak melahap musik-musik berkadar hard dan heavy seperti Scorpions dan Judas Priest. Pada masa ini pulalah, untuk kali pertama Gugun mulai mencicipi gitar elektrik, bermerk Fender Stratocaster milik seorang teman kakaknya.
    _
  7. EROSS CANDRA
    7. Eross Candra
    Eross Candra biasa disapa Eross adalah seorang pria kelahiran (lahir di Yogyakarta, 3 Juli 1979) yang berprofesi sebagai musisi yang merupakan anggota dari grup musik Indonesia Sheila on 7. Eross berposisi sebagai gitaris dari grup musik tersebut. Eross adalah anak pertama dari 3 bersaudara dan mempunyai hobi kesenian.Eross besar di keluarga pecinta musik. Ibunya seorang penyanyi, kakeknya pemain saksofon, dan pamannya mahir main gitar. Sejak SD, Eross telah mengenal dunia musik karena sering mendampingi ibunya yang latihan band di studio musik di rumahnya, Karangkajen, Yogyakarta. Eross sangat tertarik dengan alat musik gitar dan mempelajarinya. Gitar pertama dimiliki oleh Eross saat berusia 14 tahun sebagai kado ulang tahun dari ayahnya.
    _
  8. ANDRA RAMADHAN
    8. Andra Ramadhan
    Andra Junaidi Ramadhan dilahirkan pada tanggal 17 Juni 1972 sebagai anak bungsu dari enam bersaudara hasil pernikahan pasangan A. Ramadhan dan S.M. Fadilah. Andra mengaku terlambat mengenal musik, karena baru SMP lewat ekskul musiklah ia mulai tertarik pada musik. Pertama ia bermimpi untuk menjadi seorang drummer terkenal, tetapi karena masalah biaya untuk membeli Drum sangat mahal dan setelah melihat teman2nya asyik memetik gitar, hobinya pun berganti. Bermodal gitar pinjaman, ia mulai belajar gitar, dan memang karena bakat, kemampuan dan teknik permainannya berkembang sangat pesat. Di SMPN 6 inilah, Andra bertemu dengan Dhani, Wawan, dan Erwin kemudian mereka sepakat untuk membentuk band dengan nama Dewa. Aliran rock yang pertama mereka geluti akhirnya pindah ke jazz akibat pengaruh Erwin.Masalah kemudian bergelayut pada kehidupan Andra yaitu ketika ia harus memilih antara kariernya sebagai pemusik atau meneruskan kuliahnya di jurusan desain interior. Dengan pertimbangan yang matang, akhirnya Andra memilih untuk terus meniti karier di dunia musik, tetapi bukan berarti langkahnya tetap mulus, karena kedua orang tuanya tidak setuju kalau Andra harus melepaskan bangku kuliahnya. Layaknya orang tua biasa, mereka ingin melihat Andra meraih gelar sarjana seperti kelima kakaknya yang sudah selesai. Tapi akhirnya kedua orang tuanya mau mengerti dan memang terbukti pilihan Andra tepat. Setelah melepaskan kuliahnya, konsentrasinya ke Dewa 19 membuat kreativitasnya lebih tergali. Kontribusi Andra terhadap komposisi lagu Dewa 19 tak bisa dimungkiri.
    _
  9. PIYU
    9. Piyu
    Satriyo Yudi Wahono biasa dipanggil Piyu (lahir di Surabaya, Jawa Timur, 15 Juli 1973) adalah lead gitar grup musik Padi.Sebelum bersama teman-temannya mendirikan Padi, Piyu pernah bergabung dengan grup lain yaitu Crystal, Airo, Rotor, Outsider dan Lost Angels. Selain sibuk di Padi, putra alm. Soeprajitno Adie ini juga menjadi manajemen sekaligus produser dari grup musik baru, Drive. Piyu pun pernah menjajal dunia akting dengan turut serta dalam film Tina Toon & Lenong Bocah. Di film bergenre komedi anak-anak itu, Piyu hanya muncul selintas atau tidak lebih dari dua menit saja. Ia berperan sebagai penjaga sekolah. Keikutsetaannya ini sebagai langkah awal belajar untuk menggarap album soundtrack.. Ia juga telah mendirikan studio E-Motion Entertainment dan pemilik distro yaitu NUSHOCK. Tahun 2013 ia pernah menjadi cameo dalam Slank Nggak Ada Matinya. Tahun 2014 ia merilis album solo pertamanya dan menjadi Original Soundtrack dalam film Aku Cinta Kamu bersama Starvision Plus, IndiePicture dan UpBeat Publishing, perusahaan film companynya. Di film ini piyu menjabarkan cerita dari lagu-lagu ciptaannya yaitu Firasatku, Cinta Itu Adalah, Sakit Hati, dan Jernih. Tak hanya itu, ia pun menjadi cameo, penata musik, serta produser dalam film tersebut.
    _
  10. DONNY SUHENDRA
    10. Donny Suhendara
    Donny Suhendra (lahir di Bandung, Jawa Barat, 9 November 1960) adalah gitaris jazz Indonesia. Ia memulai kariernya pada tahun 1977 sebagai guitarist WE band. Pada tahun 1978-1982 menjalani study di ITB jurusan senirupa dan disain. Kemudian Pada tahun 1979 bergabung dengan band Rock G’Brill di kota Bandung. Dan pada tahun 1981 mendirikan band Fusion D’Marzio serta membuat rekaman bersama penyanyi Rien Djamain.Aktivitas lain yg dilakukan oleh Donny Suhendra hingga saat ini adalah sebagai pengajar dalam bidang musik. a.l.Ikut mendirikan sekolah musik Gladiresik Music Lab bersama-sama dengan Todung Pandjaitan.

    _
    Itulah beberapa tokoh-tokoh gitaris hebat Indonesia versi Mahdaen.TV News. Semoga kalian yang punya hobi musik khususnya gitar, bisa mengambil teori dari sang Maestro Gitar.

Advertisements