Beberapa Bubur Khas Indonesia yang Hanya Disajikan Selama Bulan Ramadhan

0
68
Beberapa Bubur Khas Indonesia yang Hanya Disajikan Selama Bulan Ramadhan

Mahdaen.TV NewsLebaran sebentar lagi, Berpuasa sekeluarga, Sehari penuh yang sudah besar, Setengah hari yang masih kecil, Alangkah asyik pergi ke masjid, Shalat tarawih bersama-sama”. Itulah sepenggal lirik lagu “Lebaran Sebentar Lagi” karya Bimbo yang menandakan bulan suci bagi umat islam sebentar lagi tiba.

Ada berbagai hal unik dalam menyambut bulan puasa di tiap tahunnya, Salah satunya adalah menu makanan buka puasa yang hanya ada dibulan Ramadhan, Salah satunya adalah bubur khas buka puasa. Berikut ini Mahdaen.TV News akan ulas beberapa bubur khas Indonesia yang hanya disajikan selama bulan puasa yang berhasil dilansir dari Tibuntravel.com:

 1. Bubur samin (Solo, Jawa Tengah)

Bubur samin (Solo, Jawa Tengah)
Bubur samin (Solo, Jawa Tengah)

Salah satu tradisi unik dilakukan oleh warga di Masjid Darussalam di Kampung Jayengan, Serengan, Solo, Jawa Tengah. Selama bulan Ramadan, panitia masjid membagikan bubur samin yang merupakan hasil perpaduan beragam rempah serta diberi pelengkap berupa potongan daging dan sayuran.

2. Kanji rumbi (Lhokseumawe, Aceh)

Kanji rumbi (Lhokseumawe, Aceh)
Kanji rumbi (Lhokseumawe, Aceh)

Selama Ramadan, Masjid Islamic Center Lhokseumawe, Aceh, menyajikan kanji rumbi untuk seluruh masyarakat secara cuma-cuma. Kanji rumbi terbuat dari beras, wortel, daun sop, daging atau udang, bumbu khusus yang diracik dari lada, lengkuas, dan bahan lainnya.

3. Bubur sop melayu (Medan, Sumatra Utara)

Bubur sop melayu (Medan, Sumatra Utara)
Bubur sop melayu (Medan, Sumatra Utara)

Menjelang buka puasa, penduduk Medan beramai-ramai ke masjid untuk mencicipi bubur sop melayu. Bubur sop melayu terbuat dari beras, daging sapi, kentang, wortel, daun sop, santan, garam, dan bumbu lainnya.

4. Bubur Sabilal (Banjarmasin, Kalimantan Selatan)

Bubur Sabilal (Banjarmasin, Kalimantan Selatan)
Bubur Sabilal (Banjarmasin, Kalimantan Selatan)

Pengelola Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, menyajikan sekitar 1.000 porsi bubur sabilal setiap hari saat Ramadan. Bubur sabilal merupakan bubur daging dengan cita rasa masakan khas Banjar yang manis dan lezat.

5. Bubur Suruh (Tuban, Jawa Timur)

Bubur Suruh (Tuban, Jawa Timur)
Bubur Suruh (Tuban, Jawa Timur)

Pengurus Kompleks Makam Sunan Bonang di Sukolilo, Tuban, Jawa Timur memasak bubur suruh setiap menjelang maghrib selama bulan Ramadan. Bahan dasarnya adalah beras yang dimasak dengan air di atas wajan besar dengan dicampur santan dan sejumlah bumbu-bumbu khas Arab, seperti dikutip dari Surya.

Advertisements