BPS Kabupaten Wonosobo Bentuk WAG SS-3307 Untuk Para Sahabat Mitra Statistik

0
122
logo SS-3307

Mahdaen.TV News – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Wonosobo merupakan suatu badan atau lembaga yang menaungi dunia data dan statistik. Lembaga ini juga berfungsi untuk membantu pemerintah dalam membuat setiap kebijakan yang dibuat melihat dari data yang diperoleh dari lembaga BPS ini, Setidaknya secara umum ada 3 macam bentuk sensus yang dilakukan oleh BPS antara lain Sensus Penduduk, Sensus Pertanian dan Sensus Ekonomi. Dan dalam pengambilan data sampel serta sensus ini dilakukan secara  berkala 3 tahun sekali.

Didalam mencari data tepat dan akurat, BPS tentu saja tidak dapat bekerja secara sendiri dalam mengumpulkan semua data yang dibutuhkan tersebut. Pemberdayaan SDM BPS tidak bisa dilepaskan dari pemberdayaan mitra statistik. Peran vital mereka dalam menghasilkan data berkualitas tidak perlu disangsikan lagi. Karena dalam sensus dan survey besar pasti membutuhkan eksistensi mitra statistik. Jumlah organik BPS Wonosobo yang hanya sekitar 30 orang, pasti tidak bisa mencukupi dalam pemenuhan petugas sensus atau survey. Oleh karena itu dibutuhkan mitra yang kompeten dalam melakukan tugas-tugas survey maupun sensus.

Untuk mendapatkan mitra yang kompeten harus ada perhatian lebih pada pemberdayaan mitra statisitk. Selain difungsikan sebagai petugas, mitra statistik juga bisa berperan ganda sebagai ujung tombak untuk sosialisasi kegiatan BPS. Mengingat keberadaan latar belakang mitra statistik yang berasal dari berbagai kalangan masyarakat.

logo SS-3307Berawal dari instruksi Kepala BPS Kabupaten Wonosobo untuk persiapan Si Mitra. Si Mitra adalah aplikasi database mitra dari BPS Jawa Tengah. Maka dalam hal ini Widhi Pranowo yang menjabat sebagai Kasi Produksi BPS Kabupaten Wonosobo ditunjuk sebagai  leader grup  tidak menyia-nyiakan kesempatan ini. Apalagi sudah banyak manfaat WAG yang dirasakan oleh anggota grup. WAG cukup ampuh dalam mengumpulkan peserta dan mengisi dengan pembelajaran yang sangat bermanfaat. Pimpinan BPS RI pun Bapak “Kecuk” Suhariyanto mensupport ide leader yang disampaikan dalam WAG Estiga Pak Kecuk Menyapa dalam Tema BPS Masa Depan.

Setelah berdiskusi dengan satker dan mendapat dukungan penuh dari pegawai BPS Kabupaten Wonosobo maka WAG SS – 3307 terbentuk. Anggota SS – 3307 kurang lebih sudah mencapai 200 mitra yang terdiri dari berbagai lapisan masyarakat.

Leader grup Widhi Pranowo pun menuturkan “ Dalam  membuat Whatsapp Grup (WAG) SS-33017 ini berharapkan bisa digunakan sebagai database mitra ditiap kecamatan di seluruh kabupaten Wonosobo , sehingga KSK punya direktori nama mitra per kecamatan, Serta terkait dengan pelaksanaan Sensus Penduduk Tahun 2020 (SP2020) yang membutuhkan jumlah tenaga mitra yang cukup besar maka WAG ini berfungsi sebagai wadah pemberdayaan mitra yang kompeten dan siap melakukan tugas-tugas BPS. “ Ungkapnya.

Dalam kegiatan yang sudah terselengara selama ini di Whatsapp Group SS-3307 setidaknya sudah mempunyai 5 series kegiatan untuk mengisi materi pembelajaran untuk para mitra BPS, antara lain :

 

  1. Seri Narasumber

Secara berkala menyampaikan materi mengenai statistik dan menghadirkan narasumber kompeten yang membahas hal update mengenai BPS dan statistik. Ada series ksk menyapa, sahabat bertanya dan seri konsep definisi. Materi-materi yang telah disajikan oleh WAG – SS dengan berbagai narasumbersebagai berikut:

A. MITRA TEPAT BPS HEBAT

Mitra Tepat BPS HebatNarasumber : Tina Wahyufitri, S.Si, M.Si

Kepala BPS Kabupaten Batang

Merupakan diskusi perdana sekaligus peresmian WAG – SS

B. MEMBANTU SEKTOR PERTANIAN DENGAN DATA SUTAS 2018 BERKUALITAS

MEMBANTU SEKTOR PERTANIAN DENGAN DATA SUTAS 2018 BERKUALITASNarasumber : Muhammad Fatichuddin, S.Si, M. Eng

Kasi Pertanian BPS Provinsi Jawa Tengah

Tema diskusi Membangun Sektor Pertanian dengan Data Sutas Berkualitas. Mengulas seputar pendataan sutas dan tujuan dilaksanakan pendataan sutas.

C. KSK MENYAPA

KSK MENYAPANarasumber : Yanner Novarian

KSK Kabupaten Wonosobo

Program KSK Menyapa dengan tema diskusi Survey Dumay (Dunia Maya) dengan Aplikasi Google Form

D. PETA TEPAT DATA AKURAT

PETA TEPAT DATA AKURATNarasumber: Diana DwiSusanti, S.ST

Statistisi Muda BPS Kota Pekalongan

Tema diskusi Peta Tepat Data Akurat. Mengulas peta dan serangkaian dengan ketepatan membaca peta yang bisa mempengaruhi keakuratan data.

 E. MENGENAL INDIKATOR KEMISKINAN MAKRO

MENGENAL INDIKATOR KEMISKINAN MAKRONarasumber : Muhammad Suharsa, S.ST, M.Si

Kasi Statistik Sosial BPS Kota Surabaya

Tema diskusi Mengenal Indikator Kemiskinan Makro. Mengulas tentang indikator kemiskinan dan pembentuk angka kemiskinan.

F. MEMAKNAI ANGKA INFLASI

MEMAKNAI ANGKA INFLASINarasumber : RatnaSetyowati, S.Si, MT, MA

Kasi Statistik Produksi Kota Surakarta

Tema diskusi Memaknai Angka Inflasi. Mengulas tentang angka inflasi dan penghitungannya.

G. SURVEI SOSIAL, EKONOMI NASIONAL (SUSENAS)

SURVEI SOSIAL, EKONOMI NASIONAL (SUSENAS)Narasumber : Rumilah Natratilova, S.SiM.Ec.Dev.

Kasi Statistik Sosial BPS Kabupaten Wonosobo

Tema diskusi SUSENAS. Berkaitan dengan konsep definisi seputar pendataan SUSENAS.

WAG SS-3307 telah menampilkan 7 narasumber. Setiap diskusi antusiasme sahabat statistik wonosobo cukup tinggi. Terbukti dengan pertanyaan-pertanyaan yang terus mengalir kepada narasumber. Ini membuktikan bahwa peserta menyimak dan memahamisetiap diskusi yang dilakukan di WAG SS-3307.

 

  1. Seri Peran Aktif Mitra BPS di Grup WAG SS-3307

Hal ini terlihat dari keterlibatkan para sahabat statistik terlibat pengelolaan WAG. Notulen, moderator, penyusunan database sahabat statistik, design cover acara, bikin video dan punya channel youtube semua dibantu dan dikelola dari sahabat statistik dan untuk sahabat statistik sendiri.

  1. Seri Event lomba logo dan tagline SP2020 Untuk Para Mitra BPS di WAG

Seri Event lomba logo dan tagline SP2020 Untuk Para Mitra BPS di WAGSelain kegiatan diskusi leader juga memberi motivasi untuk ikut lomba yang diadakan BPS yaitu membuat logo BPS dan tagline tentang SP2020.

Seri Event lomba logo dan tagline SP2020 Untuk Para Mitra BPS di WAGLomba tagline juga digalakkan oleh leader dengan terus memotivasi sahabat statistik untuk mengirimkan ide-ide cemerlang. Cara ini cukup ampuh. Dan pemenang lomba tagline jatuh pada sahabat statistik Kecamatan Kepil Wonosobo M. Irfan dengan tagline “Anda Tercatat Data Akurat”. Siapa yang tidak bangga tagline akan membumi di seluruh wilayah Indonesia.

  1. Seri Sayembara Hadiah Testimoni Bergabung di WAG SS-3307

Seri Sayembara Hadiah Testimoni Bergabung di WAG SS-3307Dikasih hadiah? Siapasih yang nggak suka dikasih hadiah? BPS Kabupaten Wonosobo pun memberi hadiah kepada 3 anggota grup WAG SS-3307 dengan mengunggah postingan di media sosial melalui akun pribadi para mitra BPS dengan mencantumkan testimoni terbaik dengan tag ke @RB BPS.

  1. Seri Menggiatkan Partisipasi Peserta dengan Melakukan Serangkaian Test

HADIAH PIN BPSBeberapa contoh test yang diberikan kepada para peserta grup WAG SS=3307 untuk menambah pembelajaran para mitra BPS dalam mempelajari dunia data dan statistik:

  1. Angka kemiskinan yang di release BPS berupa:
  2. % pendudukmiskin
  3. % rumahtanggamiskin
  4. % KK miskin

 

  1. Penghitungangariskemiskinanoleh BPS denganmenggunakanindikator:
  2. Pengeluaran/konsumsi
  3. Pendapatan/penghasilan
  4. Kondisi rumah bangunan tempat tinggal

Selain itu ada kelas special. Untuk masuk kelas special ada tantangannya. Sahabat statistik cepet-cepat dalam masuk kelas. Selain itu ada tantangan bagi sahabat statistik yang nge tag logo di facebook bisa masuk dalam kelas special.

Advertisements