Data E-Commerce di Indonesia Akan Dikelola BPS dan Dimiliki Oleh Negara

Data Kegiatan E-Commerce Akan Dimiliki Negara dan Dikelola BPS

Mahdaen.TV News – Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) Aulia E Marinto mengatakan pihaknya sedang menyusun format pendataan pelaku e-commerce di Indonesia bersama dengan pemerintah melalui kementerian dan lembaga terkait. Nantinya,  Data dari semuapelaku e-commerce dan kegiatannya akan dimiliki oleh pemerintah Indonesia dan dianalisis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) yang ditunjuk langsung oleh pemerintah.

Data Kegiatan E-Commerce Akan Dimiliki Negara dan Dikelola BPS“Data nanti dimiliki oleh negara, bukan idEA. Diserahterimakan ke BPS. Kami ingin merangkum semua komponen data yang dibutuhkan untuk mengetahui dampak, analisa, segala macam tentang ekonomi digital ini,” kata Aulia.

Kerja sama untuk pendataan pelaku dan kegiatan e-commerce tersebut dikatakan Aulia sudah berlangsung sampai tahap eksekusi. Diharapkan, skema pendataannya akan selesai penghujung  tahun 2018.

Data Kegiatan E-Commerce Akan Dimiliki Negara dan Dikelola BPSAdapun kerja sama ini merupakan bagian dari riset nasional ekonomi digital yang melibatkan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Badan Pusat Statistik (BPS), Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, serta idEA sendiri. Jika Indonesia sudah punya data seputar e-commerce, Kedepanya diharapkan menuai dampak dari ekonomi digital bisa diukur dan menjadi pedoman pengambilan keputusan di masa mendatang.

“Misalnya, dampak ekonomi digital terhadap GDP (Produk Domestik Bruto) kita itu seperti apa, bisa kelihatan nanti,” tutur Aulia.

Sumber

Iklan
Share:
© 2018 Mahdaen.TV. All rights reserved.