Instagram Akan Beri Notifikasi Jika Stories di-‘Screenshot’

0
56
Instagram Akan Beri Notifikasi Jika Stories di-'Screenshot'

Mahdaen.TV News – Instagram dilaporkan tengah melakukan pengujian untuk fitur yang akan memberitahu pengguna ketika Stories mereka ditangkap layar (screenshot) oleh pengguna lain. Pengguna yang mengikuti pengujian akan mendapatkan teks peringatan ketika teman mereka melakukan screenshot stories. Tak hanya itu, mereka juga akan mengetahui siapa teman yang melakukan screenshot.

Caranya adalah dengan melihat ke dalam daftar teman yang sudah menonton stories. Akan ada logo shutter kamera di samping nama pengambil screenshot, seperti tampak pada cuitan berikut.

View image on Twitter

“Kami selalu menguji cara untuk meningkatkan pengalaman pengguna di Instagram dan membuat mereka lebih mudah membagikan momen apapun dengan orang yang berarti,” demikian keterangan Instagram pada TechCrunch, Senin (12/2).

Lebih lanjut, Instagram diduga juga menguji bagaimana fitur ini dapat mempengaruhi keterlibatan pengguna sebelum fitur tersebut dirilis ke seluruh dunia. Misal, membuat pengguna jadi lebih sedikit menonton Stories karena fitur ini.

Sebelumnya, Instagram hanya menerapkan pemberitahuan jika tangkapan layar dilakukan pada pesan pribadi di direct message (pesang langsung). Artinya, pengguna bebas mengambil screenshot di Stories kapan pun mereka mau tanpa sepengetahuan pemilik Stories.

Jika fitur ini memang dirilis ke seluruh pengguna, ini  membuktikan bahwa Instagram memiliki kekhawatiran serupa dnegna Snapchat soal screenshot.

Instagram dilaporkan tengah melakukan pengujian untuk fitur yang akan memberitahu pengguna ketika Stories mereka ditangkap layar (screenshot) oleh pengguna lain. Pengguna yang mengikuti pengujian akan mendapatkan teks peringatan ketika teman mereka melakukan screenshot stories.

Semua screenshot yang dilakukanpengguna akan langsung mengirimkan pemberitahuan ke pemilik Stories. Namun, pengguna hanya akan melihat notifikasi itu berupa ikon yang terdapat di samping nama pengguna.

Meski sedikit repot, masih ada cara untuk mengakali fitur ini. Pengguna bisa melakukan tangkapan layar tanpa diketahui pengguna jika screenshot dilakukan tanpa mengaktifkan internet.

Cara lain adalah melakukan tanklapan layar lewat situs Instagram di komputer. Cara lain, menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Story Reporster, seperti dikutip Ubergizmo.

Advertisements