Menguak Berat Palu “Mjlonir” Milik Thor di Serial Marvel Cinema Universe

0
3728
Menguak Berat Palu

Mahdaen.TV News – Saat menyaksikan adegan seru dalam Film Thor terlihat betapa dahsyatnya hantaman dari Mjölnir, Palu sang Superhero itu. Pernahkah kamu bertanya Berapakah Berat Palu Thor, Hingga Memiliki kekuatan menakjubkan dan luar biasa. Dalam komik Marvel Palu Thor dikatakan ditempa didalam inti bintang mati yang memiliki unsur logam langka dan terkuat bernama Uru yang hanya terdapat di Asgard. Padahal Logam Uru sendiri itu sendiri hanya memiliki berat 42,3 pounds atau sekitar 19,187 kilogram.

Menguak Berat Palu "Mjlonir" Milik Thor di Serial Marvel Cinema UniversePalu Thor yang hanya memiliki berat 19 kg bisa dipastikan sangat mudah untuk mengangkatnya bukan? Akan tetapi kenapa sang prajurit super seperti Captain America pun tidak bisa mengangkatnya. Jadi, validkah berat 19,187 kilogram?
Perlu diketahui, bahwa hanya orang yang layak atau terpilihlah yang sanggup mengangkat palu dan kekuatan Thor. Spell atau mantra yang diberikan oleh Odin menghalangi orang lain untuk menggunakannya. Tapi apakah memang gara-gara mantra Odin? Ataukah karena Mjölnir terbuat dari sebuah material yang terlalu berat untuk diangkat tanpa kekuatan yang setara dengan dewa?

Menguak Berat Palu "Mjlonir" Milik Thor di Serial Marvel Cinema UniverseDalam Video Youtube “How Much Does Thor’s Hammer Weigh? oleh Pengguna akun Vsauce3 menjelaskan secara sains dibalik beratnya palu milik Thor. Dikatakan dalam video tersebut, jika kita asumsikan Mjölnir terbuat dari bintang mati yang notabene memiliki dua kali massa matahari lalu disatukan menjadi sebuah Mjölnir, maka beratnya akan mencapai 10.000.000.000.000.000.000.000.000 pounds! Atau sekitar 4.634.850.000.000.000 kilogram!

Bingung dengan angkanya? Saya bacakan deh: sepuluh triliun trilun pound atau empat juta enam ratus tiga puluh empat ribu delapan ratus lima puluh triliun kilogram. Dengan berat segitu, jika Mjölnir dijatuhkan ke bumi, maka yang terjadi adalah kiamat. Daya hancurnya sama dengan 1,3 juta kali bom atom terbesar yang pernah meledak. Efeknya? Hampir sama seperti bagaimana ketika sebuah meteor jatuh ke bumi dan membuat dinosaurus punah.

Menguak Berat Palu "Mjlonir" Milik Thor di Serial Marvel Cinema UniverseNah, karena palu ini sangat kecil dengan massa sedemikian beratnya, maka yang terjadi adalah Mjölnir akan langsung tenggelam menuju inti planet bumi. Lebih mengerikannya lagi, palu Thor tidak harus menyentuhmu untuk membunuhmu. Berdasarkan Hukum Gravitasi Newton bahwa setiap benda yang memiliki massa akan saling tarik menarik satu sama lain. Berat Mjölnir akan menarikmu dari jarak 333 meter dengan kecepatan suara diudara. Dan ketika tubuhmu menghantam Mjölnir, kamu akan hancur seketika.
Jika memang benar Mjölnir terbuat dari bintang mati, maka bisa dibilang Thor adalah superhero terkuat secara fisik yang pernah ada.

Advertisements