Meski Tradisional, Bambu Runcing Mampu Memukul Mundur Para Penjajah. Ini Faktanya!

0
28

Mahdaen.TV News – Bambu runcing adalah sebuah senjata yang terbuat dari bahan baku bambu yang diruncingkan. Senjata ini dahulu konon digunakan oleh bangsa Indonesia sebagai alat perlawanan melawan penjajahan kolonialis Belanda.

Kiai Subch
Kiai Subch

Kiai Subchi lahir di Parakan, Temanggung, Jawa Tengah, sekitar tahun 1850. Subchi, atau sering disebut dengan Subeki, merupakan putra sulung Kiai Harun Rasyid, penghulu masjid di kawasan ini. Subchi kecil bernama Muhammad Benjing, nama yang disandang ketika lahir. Setelah menikah, nama ini diganti menjadi Somowardojo, kemudian nama ini diganti ketika naik haji, menjadi Subchi.

Rupanya pada saat masa penjajahan, banyak sekali para santri yang juga ikut berjuang menghadapi para penjajah.Sebelumnya, para santri ini selalu sowan pada Kiai Subchi, dan di sana lah mereka dibekali dengan senjata bambu runcing. Usai diajarkan doa-doa yang harus dipanjatkan kala menghadapi para penjajah oleh Kiai Subchi, para santri pun dengan berani turun ke medan tempur dan menghadapi para penjajah dengan Bambu Runcing.

Meski Tradisional, Bambu Runcing Mampu Memukul Mundur Para Penjajah. Ini Faktanya! Usai para santri diperintahkan untuk membuat senjata Bambu Runcing, rupanya popularitas senjata ini telah menyebar hingga kemana-mana. Tentu saja, berkat senjata ini jugalah banyak peperangan yang berhasil dimenangkan. Para pejuang dan juga santri yang ada di Indonesia, semuanya menggunakan senjata ini untuk senjata utama mereka.

Konon, kala itu senjata ini memiliki kesaktian sendiri pada masa perjuangan yang selalu berhasil membuat peperangan dimenangkan. Usut punya usut, ternyata kesaktian yang ada pada Bambu Runcing tersebut berasal dari doa-doa yang dituliskan oleh Kiai Subci, tepatnya di atas Bambu Runcing tersebut. Setelah diberikan doa, para santri pun lebih bersemangat dan berhasil mengalahkan para penjajah.

Konon katanya nih, para penjajah paling tidak mau jika harus menghadapi para pejuang yang menggunakan senjata ini. Sebab tusukkan Bambu Runcing merupakan hal yang sangat menyakitkan dan mematikan. Tidak heran jika para penjajah tkdak berani menghadapi para pejuang yang menggunakan senjata Bambu Runcing.

Meskipun tergolong senjata yang kuno dan tradisional dibanding senjata lawan, Bambu Runcing memiliki kelebihan tersendiri yaitu lebih praktis dan tidak dapat dideteksi oleh musuh

Advertisements