MIsteri Fenomena Sumpah Pocong yang Melekat Pada Masyarakat Indonesia

0
33
MIsteri Fenomena Sumpah Pocong yang Melekat Pada Masyarakat Indonesia

Mahdaen.TV News – Sumpah pocong yang konon merupakan tradisi masyarakat pedesaan adalah sumpah yang dilakukan oleh seseorang dengan kondisi terbalut kain kafan layaknya orang yang telah meninggal.

MIsteri Fenomena Sumpah Pocong yang Melekat Pada Masyarakat IndonesiaSumpah pocong merupakan tradisi lokal yang masih kental menerapkan norma-norma adat. Sumpah ini dilakukan untuk membuktikan suatu tuduhan atau kasus yang sedikit atau bahkan tidak memiliki bukti sama sekali.

Di dalam sistem pengadilan Indonesia, sumpah ini dikenal sebagai sumpah mimbar dan merupakan salah satu pembuktian yang dijalankan oleh pengadilan dalam memeriksa perkara-perkara perdata, walaupun bentuk sumpah pocong sendiri tidak diatur dalam peraturan Hukum Perdata dan Hukum Acara Perdata. Sumpah mimbar lahir karena adanya perselisihan antara seseorang sebagai penggugat melawan orang lain sebagai tergugat, biasanya berupa perebutan harta warisan, hak-hak tanah, utang-piutang, dan sebagainya.

MIsteri Fenomena Sumpah Pocong yang Melekat Pada Masyarakat IndonesiaPelaksanaan sumpah pocong dilihat dari kasus-kasus yang pernah ada. Adanya kasus / masalah yang diragukan kebenarannya.

1. Adanya kasus / masalah Bid’ah/Fitnah yang ditimpakan kepada seseorang
2. Adanya kasus sengketa
3. Dan kasus-kasus lain yang dianggap oleh IMAM setempat layak diadakan sumpah pocong

Pelaku sumpah adalah orang/pihak yang merasa difitnah dan atau ingin menyampaikan kebenaran yang dia sungguh-sungguh yakini benar tetapi sulit diterima oleh kelompok masyarakat sekitar. Maka dengan adanya sumpah pocong ini dianggap sebagai satu PUNCAK PERNYATAAN atas kebenaran yang ingin disampaikan.

sumber

Advertisements