Mobile Legends vs Vainglory: Berikut Hal yang Membedakan Dua MOBA Mobile Terpopuler di Dunia!

Mahdaen.TV News – Setelah ribut-ribut soal Dota 2 melawan League of Legends di kancah MOBA untuk PC, kini persaingan MOBA pun beralih ke platform mobile. Seiring berjalannya waktu, mobile MOBApun jadi semakin populer, dan bahkan menimbulkan perdebatan baru, Vainglory atau Mobile Legends. Namun, tahukah kamu apa saja yang membedakan kedua game tersebut? Ini dia empat di antaranya

Orisinil vs “League of Legend Mobile”

Orisinil vs “League of Legend Mobile”

Orisinil vs “League of Legend Mobile”

Salah satu perbedaan utama dari dua game ini adalah Vainglory menggunakan konsep orisinil, sementara Mobile Legends bisa dibilang merupakan League of Legends versi mobile. Memang, Vainglory bisa dibilang dibuat oleh orang-orang berpengalaman yang memiliki semangat untuk menciptakan MOBA sesempurna mungkin untuk para gamers mobile.

Sementara Mobile Legends, bisa dibilang layaknya League of Legends yang dikompres sedemikian rupa agar cocok untuk platform mobile. Hal ini tentu bukan hal yang buruk, selain bisa merasakan main League of Legends di mobile, toh Mobile Legends juga masih ada hubunganya dengan pengembang Tiongkok, Tencent, salah satu pemilik lisensi game buatan Riot Games, League of Legends.

1 Lane vs 3 Lane

1 Lane vs 3 Lane

1 Lane vs 3 Lane

Perbedaan lain yang cukup kentara adalah jumlah lane yang ada di antara dua game tersebut. Vainglory memang hanya memiliki satu lane, namun memiliki mekanisme permainan yang bisa dibilang tak kalah rumit dengan versi MOBA di PC. Sehingga mungkin game ini terbilang jadi lebih sulit, dan cenderung lebih cocok bagi mereka yang sudah main MOBA sebelumnya

Sementara di sisi lain, Mobile Legends memiliki 3 lane layaknya MOBA di PC. Ada top, middle, bottom, lengkap dengan jungle. Namun satu hal yang cukup terasa, mekanika permainan mobile legends terbilang lebih sederhana. Sehingga cenderung lebih ramah bagi para mobile gamers.

5v5 vs 3v3

5v5 vs 3v3

5v5 vs 3v3

Layaknya perihal lane, Mobile Legends juga mengadopsi pertarungan 5v5 seperti versi PC. Meski begitu pertarungan cenderung lebih cepat karena mekanika permainan yang terbilang lebih sederhana, dan bangunan yang cenderung lebih mudah dihancurkan.

Sementara di sisi lain Vainglory berusaha untuk memodifikasi pertarungan 5v5 menjadi 3v3 agar teroptimasi untuk mobile. Meski begitu permainan Vainglory cenderung lebih lama, karena mekanika yang terbilang rumit dan bangunan yang lebih sulit untuk dihancurkan.

(Lihat juga: Cara Main Mobile Legends: Bang bang Di Komputer Atau Laptop Tanpa Lag)

Analog vs Tap

Analog vs Tap

Analog vs Tap

Perbedaan terakhir yang sangat kentara adalah bentuk kontrol antara game mobile MOBA ternama ini. Mobile Legends menggunakan kontrol Analog, mirip seperti game RPG di Mobile, sementara Vainglory menggunakan kontrol Tap, sebagai pengganti kursor mouse klik ke tujuan seperti di MOBA PC.

(Lihat juga : Cuma Orang Tertentu yang Bisa Pakai 5 Hero Mobile Legends Ini!)

Satu sisi kontrol Vainglory mungkin cenderung lebih presisi, tapi di sisi lain cenderung lebih sulit untuk dimainkan; apalagi bagi mereka yang memiliki smartphone berlayar kecil. Sementara Mobile Legends lebih mengedepankan kemudahan, agar semua orang dapat bermain dengan kontrol Analog. Meski mungkin bagi beberapa orang terasa kurang presisi, namun tak bisa dingkari kontrol tersebut lebih mudah, terutama bagi mereka yang baru main MOBA.

Share:
© 2018 Mahdaen.TV. All rights reserved.