Pemuda Jebolan SMP Ekspor Vespa Modifikasi Tank ke Eropa

Mahdaen TV News – Di kalangan penggemar vespa, keberadaan vespa modifikasi tank sudah cukup dikenal. Bahkan, saat ini viral di media sosial. Ramainya vespa modifikasi tidak lepas dari sang modifikator, Yogi Hermawan, pemuda usia 27 tahun asal Kediri, Jawa Timur. Yogi termasuk orang pertama yang membuat vespa menjadi berpenampilan ekstrem bentuk tank seperti itu.

Dia mengubah total penampilan asli vespa menjadi bentuk sangar hingga menyerupai model armada tempur milik tentara. Rata-rata hasil modifikasinya berukuran panjang 270 cm dan lebar 125 cm. Ada pula yang panjangnya mencapai 4,5 meter. Jumlah roda bisa mencapai belasan demi menopang bodi vespa tank yang berat.

Dengan model yang menyerupai kendaraan roda empat dan beban yang ada, dia menambahkan fitur yang memungkinkan vespa Tank bisa berjalan mundur. Kemampuan berjalan mundur ini adalah hasil utak-atik transmisi mesin vespa itu sendiri. Yaitu, memindahkan salah satu transmisinya menjadi khusus untuk berjalan mundur. “Untuk bisa berjalan mundur, tidak perlu ada alat tambahan lagi. Kita manfaatkan satu mesin yang multifungsi,” ujar Yogi, Jumat (7/9/2018).

Semua karyanya diproduksinya berdasarkan pesanan. Di bengkel sederhana miliknya, setiap minggu Yogi mampu memproduksi 2 hingga 3 unit vespa tank. Dia dibantu oleh 4 orang pekerja. Saking banyaknya pesanan, pemesan sampai antre. Yogi menjual vespa tank produksinya mulai harga Rp 8 juta sampai Rp 11 juta, bahkan bisa lebih, tergantung ukuran dan fitur tambahan. Selama ini,

Yogi memasarkan hasil karyanya itu melalui media sosial. Pemasaran ini yang kerap menembus batas-batas wilayah. Ada juga penjualan langsung yang dilakukan oleh para makelar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com

Share:
© 2018 Mahdaen.TV. All rights reserved.