Selain “Karma”, Inilah Tayangan Misteri yang Pernah Mengisi Layar Kaca Tanah Air!

0
58

Mahdaen.TV News – Sebagai salah satu genre yang cukup diminati masyarakat, televisi Indonesia tak pernah kehabisan tayangan seputar dunia mistis. Acara terbaru tentu saja Karma ANTV yang sering menjadi buah bibir di media sosial.

Reality show yang dipandu oleh Robby Purba ini sukses menarik perhatian penonton. Terlebih dengan kahadiran sosok Roy Kiyoshi yang disebut-sebut sebagai indigo dan bisa menerawang masa depan serta kepribadian seseorang.

Jauh sebelum itu, acara misteri sudah menjadi tren di awal tahun 2000-an. Dan berikut beberapa tayangan seputar dunia mistis yang pernah hadir di pertelevisian Indonesia:

1. [Masih] Dunia Lain (Trans7 / Trans TV)

[Masih] Dunia Lain
[Masih] Dunia Lain
Masih) Dunia Lain merupakan salah satu acara realitas bertema supernatural yang ditayangkan di Trans7. Acara ini dibawakan oleh Ali Zaenal bersama dengan Citra Prima, atau dengan paranormal yang berbeda setiap minggunya. Acara ini adalah format baru dari program acara yang pernah menjadi fenomena di dunia pertelevisian Indonesia yaitu, Dunia Lain dan pernah ditayangkan di Trans TV. (Masih) Dunia Lain masih mengedepankan segmen Uji Nyali dengan perbedaan menjadi selama 2 malam berturut-turut dan menggunakan alat yang dapat mendeteksi langsung keberadaan makhluk gaib.

Pengambilan acara akan diadakan selama dua malam di tempat yang sama, dan peserta uji nyali juga akan menempati tempat uji nyali yang sama pula. Yang diharapkan oleh tim (Masih) Dunia Lain adalah meningkatnya aktivitas gaib di tempat tersebut pada hari yang kedua, apabila peserta menyerah sebelum hari kedua atau tidak bisa melanjutkan hingga acara berakhir, maka peserta akan digantikan oleh peserta selanjutnya.

Acara ini dimulai pada Juni 2010 dan pada Januari 2014, format siaran (Masih) Dunia Lain diganti dari siaran tunda menjadi siaran langsung dan tayang menjadi dua hari yaitu setiap Kamis dan Jumat pukul 23.15 WIB, yang dibawakan oleh Ali Zaenal bersama dengan Citra Prima, atau dengan paranormal yang berbeda setiap minggunya. Acara ini ditayangkan setiap hari Kamis dan Jum’at pukul 23.15 WIB atau 11.15 PM dengan nama (Masih) Dunia Lain LIVE dan tayangan ulang setiap hari Sabtu dan Minggu pukul 23.00 WIB atau 11.00 PM dengan nama (Masih) Dunia Lain

Dunia Lain menjadi acara misteri fenomenal yang kerap menyajikan unsur-unsur horor yang membuat bulu kuduk merinding. Pada beberapa episode, uji nyali dilakukan secara live sehingga penonton dapat menyaksikan langsung apa yang sedang dialami oleh peserta uji nyali. Banyak peserta yang menyerah dan tak kuat menahan gangguan dari makhluk astral.

2. Pemburu Hantu (Lativi)

Pemburu Hantu
Pemburu Hantu

Anda ingat sekitar 5 tahun lalu, program di Lativi (sekarang TVOne) yang menampilkan petualangan beberapa orang yang disebut ustadz melakukan pembersihan sebuah tempat dari serbuan hantu? Ya, nama programnya Pemburu Hantu.

Program ini sempat memuncaki rating. Selain itu juga membuat masing-masing pemburu alias ustadz-ustadz yang terlibat di dalamnya menjadi lebih dikenal masyarakat dan semakin laris prakteknya. Mereka pun menambahkan nama masing-masing dengan sebutan Pemburu Hantu.

Tim Pemburu Hantu yang dipimpin oleh ustaz Soleh Pati biasanya mendatangi tempat-tempat yang konon memiliki banyak makhluk astral. Kemudian akan ditangkap dan dimasukkan ke dalam sebuah botol. Aksi memburu hantu kemudian beralih ke ustaz Soleh Pati. Yang bisa berkomunikasi dengan makhluk astral dan bisa melukiskan wajah-wajah makhluk astral dengan mata ditutup.

3. Ekspedisi Alam Gaib (TV7)

Program ini berbeda dengan program misteri yang lain. Kalau program misteri biasanya hanya mengangkat urban legend yang udah umum, kayak suster ngesot, Mrs. K, pocong, dsb. tapi disini mereka mengangkat tentang makhluk-makhluk sebangsa jin yang menjadi mitos tersendiri bagi masyarakat yang tinggal di pedalaman. Misal, penelusuran tentang legenda ular putih dsb.

Selain itu, dalam program ini tim ekspedisi akan menelusuri tempat-tempat dengan medan yang ekstrem, seperti hutan, sungai, dan gua. Jadi selain cukup serem program ini juga terkesan seru karena dikemas layaknya film dokumenter.

Dalam setiap episode, biasanya tim ekspedisi akan menggunakan kamera baik itu yang bawa oleh tiap personel maupun kamera pengamat yang diletakkan di tempat-tempat tertentu. Tujuannya adalah supaya kamera tersebut dapat menangkap penampakan sedekat dan sebaik mungkin. Tapi meskipun udah dibekali dengan alat yang lengkap dan canggih, ternyata tim ekspedisi belum pernah mendapatkan gambar penampakkan senatural dan seakurat seperti yang diharapkan, lantaran gambar yang diambil dilakukan di tengah-tengah alam liar serta waktu pengambilan gambar pada malam hari sehingga pencahayaan yang dihasilkan sangat kurang.

Biasanya pada akhir penelusuran akan ditampilkan gambar-gambar yang disimpulkan sebagai sebuah penampakan makhluk gaib, tapi kalau di lihat lebih jauh bentuk-bentuk makhluk gaib yang dianggap penampakan itu hanya sebatas sketsa hasil dari penafsiran tim dan editor kayaknya, masih jauh dari penampakan pada umumnya. Bayangkan aja, masa gambar titik atau garis-garis gak jelas berubah jadi muka orang, atau bahkan bentuk binatang buas yang mereka anggap sebagai makhluk jadi-jadian alias siluman.

Belakangan, program serupa mulai ditayangkan kembali dengan judul “Jejak-Jejak Misteri” namun dengan konsep yang sedikit berubah. Konsepnya tetap ekspedisi, tapi target yang dicari bukan makhluk halus semata melainkan makhluk-makhluk yang menjadi legenda masyarakat setempat, umumnya  berupa ular raksasa atau bahkan urang pandak (semacam kera besar yang mirip  manusia, urban legend masyarakat Sumatera Barat).

Secara keseluruhan di Ekspedisi Alam Gaib penonton akan diajak berekspedisi ke tempat-tempat yang konon sangat angker. Para kru Ekspedisi Alam Gaib akan ditemani oleh penduduk sekitar, penjaga atau juru kunci, dan seorang paranormal untuk mengungkap keangkeran yang ada di daerah tersebut.

4.  PercayaNggak Percaya (ANTV)

Percaya Nggak Percaya menyajikan kisah-kisah misteri dan mengeksplorasi tempat-tempat yang diduga banyak penunggunya. Salah satu kisah yang paling terkenal adalah tentang hilangnya seorang tukang nasi goreng di rumah angker wilayah Pondok Gede.

Salah satu program yang termasuk menyeramkan. Konsepnya hampir sama dengan Dunia Lain, yang membedakan adalah tidak adanya segmen uji nyali. Jadi, hampir lebih dari separuh acara bakal di ajak keliling tempat-tempat angker sama hostnya yaitu Harsya dan co Host atau ahli supranatural Leo Lumanto, atau yang biasa akrab di panggil Pak Leo.

Jadi di program misteri ini kalian diajak untuk menelusuri tempat angker, biasanya dilakukan pada malam hari. Dan yang paling dinanti penuturan pak Leo mengenai sejarah kelam dari tempat-tempat tersebut melalui penglihatan supranaturalnya, selain itu pengambilan gambar lokasi yang menunjukkan kesan angker dari tempat tersebut baik pada saat narasi maupun pada saat penelusuran membuat nuansa horor makin terasa, ditambah backsoundnya yang ala-ala kuburan banget. Pokoknya mantep banget deh.

Terkadang Pak Leo mangajak sang host atau bintang tamu untuk berinteraksi dengan makhluk gaib, baik dengan cara membuka mata batin atau dengan cara menyentuh, menyentuh? Ya, menyentuh. Jadi si Harsya akan diminta untuk berkonsentrasi kemudian dia dituntun oleh pak Leo untuk meraba makhluk halus tersebut dengan media telapak tangan.

Program ini tayang tiap pukul 22.00, tapi bukan hari Kamis seperti program misteri kebanyakan, melainkan pada hari Rabu dan mampu membuat penonton parno gila pada saat nonton sendirian di kamar, gelap-gelapan sambil nutupin muka pakai bantal dan selimut.

5. Gentayangan (MNCTV)

Populer dengan tagline Uka-Uka, acara TPI (MNCTV) menarik perhatian pemirsa. Dengan host Toro Margens, aktor yang kerap berperan antagonis di sejumlah layar lebar, kemudian acara ini dibawakan oleh Ismail Syahif. Gentayangan mendatangi langsung lokasi yang dianggap mistis, salah satu episode kabarnya menampilkan penampakan,uji nyali dan film pendek.

Uka-uka sendiri merupakan singkatan dari uji keberanian dan uji kebenaran. Jadi seorang peserta akan diuji di sebuah tempat angker dan membuktikan apakah memang benar ada makhluk astral di daerah tersebut.

Advertisements