Siapa Sangka Koin Piala Dunia 1974 Berasal Dari Indonesia

Mahdaen.TV News –¬†Sejak Merdeka pada 17 Agustus 1945 Tim Nasional sepakbola Indonesia memang belum sekalipun lolos ke Piala Dunia, memang saat masih bernama Hindia Timur kita pernah mencicipi Piala Dunia 1938 namun itu saat masih dijajah Belanda. Kita pastinya rindu bendera sang Saka Merah Putih berkibar dan lagu kebangsaan Indonesia Raya dikumandangkan di ajang bergengsi 4 tahunnan tersebut.

Siapa Sangka Koin Piala Dunia 1974 Berasal Dari IndonesiaNamun, tahukah anda bahwa sudah ada wakil indonesia di babak Final Piala dunia 1974 di jerman barat yang mempertemukan Jerman Barat versus Belanda. wakil Indonesia tersebut tidak lain adalah Koin Toss yang digunakan wasit Jack Taylor untuk mengundi penendang bola dan pemilihan sisi lapangan antara kedua kapten kesebelasan pada babak Pertama.

inilah wakil Indonesia pertama di piala dunia yang lebih istimewah lagi terjadi di pertandingan puncak Grand Final, koin yang menggambarkan sisi Macan Jawa tersebut hadir hingga membuat kapten TimNas Jerman Barat Franz Beckenbauer penasaran dengan koin tersebut. koin ini sebenarnya bernama resmi Conservation Coin Collection WWF, saat wasit meniup pluit tanda berakhirnya babak pertama kapten tim Jerman Barat tersebut menghampiri sang wasit Taylor dan menanyakan darimana asal koin tersebut, namun Taylor tak menjawabnya.

Siapa Sangka Koin Piala Dunia 1974 Berasal Dari Indonesia

Koin pecahan Rp2000 tersebut sejatinya tak hanya mengenai sepakbola, namun menjadi bukti awal Indonesia mendukung WWF dan IUCN. bersamaan dengannya ia menandai keikut sertaan Indonesia kembali pada kualifikasi piala dunia sejak absen pasca-kualifikasi piala dunia 1958 gara-gara situasi politik.

selain itu, ternyata koin bergambar phantera tigris atau macan jawa ini hanya dibuat 3 keping koin saja dan dibuat oleh royal mint. koin ini dibuat dengan ukuran 38,61 milimeter dan berbobot 25,31 gram, serta berisi kandungan perak 50 persen.
Sumber :

Iklan
Share:
© 2018 Mahdaen.TV. All rights reserved.