Sidang Isbat Kementrian Agama Jatuhkan Ramadahan 1439 Hijriah Hari Kamis 17 Mei 2018

0
11

Mahdaen.TV News – Bertempat di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Selasa (15/5/2018). Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memimpin jalannya isbat penentuan jatuhnya bulan suci Ramadhan 1439 Hijriah.

Sidang Isbat Kementrian Agama Jatuhkan Ramadahan 1439 Hijriah Hari Kamis 17 Mei 2018Sidang isbat di Kantor Kementrian Agama ini berlangsung tertutup seperti tahun lalu. Pada pukul 17.00 WIB akan dilakukan presentasi posisi hilal dari titik pemantauan. Dan untuk tahun ini  menurut Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Kemenag RI, A Juraidi ada satu titik pemantauan baru yakni di Masjid Hasyim Asy’ari, Jakarta Barat.

Dalam sidang isbat kali ini dihadiri oleh Duta Besar negara-negara sahabat, Ketua Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama; dan Tim Hisab, dan Rukyat Kementerian Agama.

Sidang Isbat Kementrian Agama Jatuhkan Ramadahan 1439 Hijriah Hari Kamis 17 Mei 2018Menurut penjelasan Menteri Agama, Kesepakatan sidang isbat bulan 1 Ramadhan 1439 H dijatuhkan pada hari kamis tanggal 17 Mei 2018 ini dibuat berdasarkan dua hal, yaitu perhitungan hisab dan laporan petugas tersumpah di lapangan yang melihat hilal dari 95 titik.

Sementara itu jauh sebelum sidang isbat digelar, Muhammadiyah sudah lebih dahulu menentukan awal Ramadan hingga Syawal tahun ini. Mereka akan mulai berpuasa pada tanggal 17 Mei 2018 dan merayakan Idul Fitri pada 15 Juni 2018.

Advertisements