Tahu Ga sih? Siput Dapat Melewati Mata Pisau Tajam Tanpa Terluka

Tahu Ga sih? Siput Dapat Melewati Mata Pisau Tajam Tanpa Terluka

Mahdaen.TV News – Siapa si yang nggak kenal dengan nama hewan berlendir satu ini? Yak Siput merupakan nama umum yang diberikan untuk anggota kelas moluska Gastropoda. Dalam arti sempit, istilah ini diberikan bagi mereka yang memiliki cangkang bergelung pada tahap dewasa. Dalam arti luas, yang juga menjadi makna “Gastropoda”, mencakup siput dan siput telanjang (siput tanpa cangkang, dalam bahasa Jawadikenal sebagai resrespo). Kelas Gastropoda menempati urutan kedua terbanyak dari segi jumlah spesies anggotanya setelah Insecta (serangga). Habitat, bentuk, tingkah laku, dan anatomi siput pun sangat bervariasi di antara anggota-anggotanya.

Tahu Ga sih? Siput Dapat Melewati Mata Pisau Tajam Tanpa TerlukaSiput terkenal sebagai hewan super lelet. Ke mana pun ia berjalan pasti membawa lendir-lendir yang menyertainya. Di Indonesia sendiri siput sering dikenal dengan istilah “Keong” karena merupakan nama lazim dari anggota hewan sekelas Moluska Gastropoda.

Tahu Ga sih? Siput Dapat Melewati Mata Pisau Tajam Tanpa TerlukaBiasanya siput darat berjalan lambat menelusuri batang-batang pohon, tempat-tempat berair dan cuaca segar. Oleh karenanya saat musim hujan tiba, hewan ini mampu menampakkan dirinya dengan jumlah banyak. Sebaliknya siput sukar sekali ditemui di tanah kering dan panas.
Dilihat dari struktur bentuk tubuhnya, siput  diketahui berjalan menggunakan otot tunggal sebagai pengganti kaki. Pada umumnya otot tunggal sebenarnya sangatlah rentan untuk terluka, apalagi ketika terkena benda tajam.

Tahu Ga sih? Siput Dapat Melewati Mata Pisau Tajam Tanpa TerlukaNyatanya, siput dengan gampangnya mampu melewati benda-benda tajam. Setelah siput diuji coba berjalan di atas tajamnya gergaji, siput malah terlihat santai melewatinya. Saat berjalan di atas pisau, malah mereka  mampu melewati setiap ujung pisau tersebut. Bahkan ketika berjalan di atas silet cukur tajam, siput tidak ada kendala dalam meneruskan misinya tanpa goresan luka sedikit pun.

Tahu Ga sih? Siput Dapat Melewati Mata Pisau Tajam Tanpa TerlukaTernyata alasan siput jadi kebal dari benda tajam, bukan karena kekuatan otot tunggal yang dimilikinya. Namun keberadaan lendir-lendir siput, ternyata sangat berguna demi kelangsungan hidupnya. Lendir lengket itu selalu melindungi siput saat mereka berjalan menghadapi benda tajam seperti pisau, silet cukur dan gergaji tajam. Oleh karenanya mereka tidak sampai terluka maupun tergores.

Kegunaan lendir lengket pada siput tidak berhenti di situ saja, dimana lendir siput sangat membantu mereka saat menanjak ke atas ranting, pohon, dan tembok meski dengan gerakan lambat. Nyatanya mereka bisa sampai dengan selamat serta tidak sampai terjatuh / terpeleset.

Share:
© 2018 Mahdaen.TV. All rights reserved.